22 November 2013

Balada Mama : Mama dan Sandangnya

Biar lebih akrab saya kenalin dulu sama ibu saya, namanya Gebi. Iya, seperti Gebi Cinta yang Hilang, telenovela yang tayang tiap petang. Tapi dulu waktu kita SD. Eh, kita? waktu saya SD.

Ibu saya bukan fashion nista, ga peduli sama fashion police, ga tau juga siapa Ria Miranda, tapi kalau Dian Pelangi sih tau. Tapi dia pake baju bukan cuma buat nutupin aurat. Dia pake baju biar ga muntah. Soalnya kalo pake baju ga metching dia suka pengen muntah katanya.

Untuk menghindari muntah, Ibu Gebi sempet cuma punya satu warna ajah di dalam lemarinya :COKLAT. Menurut beliau coklat itu warna yang menunjukan kegagahan. Jadi daripada disebut feminim ibu Gebi lebih suka terlihat gagah. Ibu gebi juga suka pengen muntah kalau pake warna-warna tertentu seperti pink, merah atau hijau. Seolah-olah ingin menyadarkan bahwa obsesi pada satu warna itu tidak baik, Allah SWT menganugerahi Ibu Gebi dua anak perempuan, si sulung suka hijau dan si bungsu suka pink.Karena calon mantunya juga suka warna hijau, saya, si sulung, mempertimbangkan untuk menggelar kenduri dengan tema hijau. Tentu saja Ibu Gebi menolak, dengan alasan, "nanti aku muntah"

Namun sekarang, entah mengapa Ibu Gebi mempunyai toleransi lebih pada warna-warna baju. Ia mulai memakai baju pink pucat. Dalam keadaan terpaksa ia bisa memakai baju batik berwarna hijau (seragam kantor, ga mau dibilang aneh sama temen sekantor), setelah perjalanan panjang mencari kerudung yang mecing, yang ga terlalu bikin pengen muntah. Dan akhirnya kemarin sempat berpawai memakai trening biru-merah dan kerudung merah cabai waktu acara art and sport day di kantornya. Karena memakai trening biru-merah dan kerudung coklat bakal lebih membuat mual.

 Dikira Ibu Gebi aja yang rese soal sandang? Saya juga rese, hehehe.....selama tiga taun awal saya pake kerudung saya cuma pake kerudung hitam dengan atasan dan atau bawahan hitam. Ih rese....sok berkabung gituh. Alasannya karena biar keren, biar keliatan galak, dan rock and roll, cetek emang. Bukan karena prihatin dengan persoalan negara dan bangsa. Sama saya gak pede juga sih pake warna yang ngejreng JRENG, takut dimarahin orang karena terlalu menusuk mata.

but then i changed......

kenapa yah? lupa. Kayaknya saya ingin meninggalkan imej galak dan rock and roll dan ingin masuk ke imej decent woman. Kemudian diintrepretasikan dengan warna-warna pucat. Iyah ga berani pake warna merah cabai seperti ibu Gebi.

Halo baju adat palembang warna merah cabai!!!

So yes, i wont throw up, i am pretty in merah cabai!!!

Tidak ada komentar: