09 November 2010

Apa?!Saya pake pembersih muka yang dapat menyebabkan kanker???

Saya harap anda juga kaget. Sebenarnya informasi ini sudah saya terima sejak beberapa kala lalu, namun entah mengapa saya malas mengetik hal-hal yang sungguh serius diblog ini. Apa daya, saya ingin anda semua kaget seperti saya. Anivei, apa itu informasinya???mari saya jabarkan, urut ga urut mohon dirunut.

Pertama silakan tonton pelem inih!
Sudah? Nah apakah anda kaget?Walaupun produk-produk yang dibicarakan oleh si Ibu itu dari Amerika, tapi banyak produk serupa yang juga didistribusikan di Indonesia. Nyangka ga sih, kalau ternyata dari sabun,sampo, pelembab, lipstik, semua bisa jadi agen pembunuh berdarah dingin. Yang lebih mengagetkan, Amerika-negara yang begitu besar dan maju bisa-bisanya gak punya standar aman untuk keamanan kosmetik. Nah, apalagi kita yang negara berkembang, tersendat-sendat pula oleh bancana-bencini, jangan-jangan semua aja bole dimasupin ke kosmetik.

Namun tenang sodara-sodara, kita bisa milih kosmetik yang relatif lebih dikit racunnya dari pada yang lain dengan melihat lebih teliti komposisi dari kosmetik kita (kalo ada). Menurut web ini ada beberapa bahan kimia yang sering digunakan sebagai bahan kosmetik dan berbahaya bagi kita, inilah bahan-bahan itu :
    Triclosan
ini lah bahan aktif antimikroba yang sering ada di dalam sabun. namun ternyata oh ternyata bisa menyebabkan bakteri resisten, oh no.....

    Synthetic Musks
ini biasanya dipakai sebagai wewangian,eh, ternyata bahan ini ditemukan di sumsum tulang bayi yang baru lahir...towewewewewew......

    Formaldehyde and Formaldehyde-Releasing Preservatives

    Nitrosamines

    Lead and Other Heavy Metals

    Parabens
biasanya dipakai sebagai bahan antimicroba di kosmetik yang betuknya cair, kaya pembersih muka saya (oh, ya pembersih muka saya mengandung paraben), masker muka saya (yes, this also contain paraben),mantan pelembab muka saya, dan body lotion saya(hiks!hiks!hiks!). Bahayanya adalah bahan ini bisa diserap kulit,darah, dan saluran pencernaan dan diketahui berhubungan dengan gangguan hormon dan kanker payudara (Astagfirullah....)


    Phthalates

    Hydroquinone
biasa ditemukandi produk pemutih kulit. bekerja dengan mengurangi melanin kulit,dan menyebabkan kulit lebih rentan terhadap paparan UV A dan UV B duan.........kanker kulit adalah hal terjelek yang bisa terjadi. Cepat cek produk pemutih anda!  


    1,4-dioxane

Tambah kaget kan???!!!!Maaf ya cuma beberapa yang saya kasih penjelasan, sisanya bisa dibaca di web ini. 
Ada juga web yang bisa membantu kita nih. Web ini menyediakan data base kosmetik yang beredar di Amerika sana dan memberi penilaian dari mulai low hazard sampai high hazard berdasarkan bahan-bahan komposisinya. Jadi kita tinggal masukin aja merk produk kosmetik kita ke kotak search, keluar deh nilainya. Web ini juga menyediakan data bahan apa aja yang ada di produk tersebut dan kemungkinan efek racun yang ditimbulkannya. Saya sudah mencoba memasukan macam-macam produk : head&shoulders, nivea, vaseline, pond's, clean&clear, sunsilk, the body shop dan ada semua. Jikalau kamu ragu tentang metode yang digunakan untuk memberi penilaian, organisasi ini sungguh terbuka untuk berbagi metode yang mereka gunakan, silakan diliat saja.

Hah......mau hdup sehat dan cantik malah teracuni ya..... Selamat memilih produk yang aman dan menikmati hidup yang lebih sehat!

 

6 komentar:

Citrarini Ceria Chandraningtyas mengatakan...

kalo produk dalam negeri gmana cha?,,kaya mustika ratu, sari ayu gitu-gitu..mgkn lebih aman..

icha mengatakan...

nah, saya udah cek, cice, dari banyak bahan2 ituh, saya menemukan paraben aja sih di sari ayu masker wajah, susu pembersih, ma toner nya, hehehehe...kalo di cek ke web yang nyediain nilai paraben dikasih nilai moderate hazard. saya nemu produk yang ga pake paraben,merknya JUARA, produk punya orang indonesia tapi dipasarkan di amerika, sigh....kalau mustika ratu sama wardah saya belum cek. sepertinya paraben itu sangat biasa dipake.

Anonim mengatakan...

web-nya cuma khusus produk amerika ya..sayang sekali... ternyata body shop yg harganya selangit (bagi gw itu udah selangit) masih bahaya juga yah, gmana kondisi produk yang abal2 tuh....

icha mengatakan...

eh, dis tapi mereka nyedian data ketoksisan tiap zat kimia yang dipake. silakan masukan bahan2 yang adadi kosmetik kamu saat ini. yang bodyshop jadi high hazard karena pake fragrance dan paraben biasanya. fragrance itu kan rahasia perusahaan ya, jadi dia ga bisa dicantumin spesifik di kemasan, sehingga kita juga ga tau setoksik apa dia,jadi digeneralisir sama webnya sebgai highly hazard. Jadi kalo bisa pake yang wanginya alami dari bahan2nya aja. pleus, saya nemu si pelembab body shop yang ga pake paraben dan ga peke pewangi, entah dia nakal ga nyantumin,muehehehehe....selamat mencari adis. memang ada rupa adauang

aha mengatakan...

mbak ada FB ndak?atau email?aku mau diskus zat2 berbahaya nih

icha mengatakan...

hai aha!!email saya sapikularikencang@yahoo.com
sebenernya saya bukan ahli zat berbahaya,saya kuliah jurusan biologi, tapi....akan saya bantu semampu saya.
sampai jumpa!!=)