18 Desember 2009

Saya Minum Susu Lalu Saya Kentut

Saya suka minum susu, sejak ibu saya memberikan saya susunya (ASI). Kebiasaan minum susu ini dipertahankan sampai saya duduk di bangku SMP walaupun yang saya minum bukan lagi ASI. Dengan penuh dedikasi, ibu saya selalu membuatkan saya susu dari susu bubuk instan setiap pagi, memberikan saya gizi yang setara dengan yang diperoleh anak sapi. Namun setelah ibu saya sadar bahwa sudah terlalu besar untuk selalu dibuatkan susu, ibu berhenti dan menyuruh saya untuk bikin susu sendiri (dari susu bubuk). Sejak saat itu saya malas minum susu karena harus buat sendiri.MySpace

Lalu entah sejak kapan, beberapa saat setelah saya minum susu,saya merasakan ada yang aneh dengan perut saya. Perut saya sepertinya penuh dengan gas,lalu saya mulai kentut-kentut, banyak dan sering. Jika saya sedang tidak beruntung, ritual kentut-kentut ini akan disusul oleh ritual mencret.MySpace

Apakah kamu merasakan hal yang sama dengan saya? Mungkin ini jawabannya :

LACTOSE INTOLERANT MySpace

Menurut beberapa artikel yang saya baca, gejala-gejala yang saya alami mirip dengan gejala lactose intolerant. Orang yang menderita lactose intolerant tidak mempunyai cukup enzim laktase, enzim yang memecah laktosa (gula yang ada di susu) menjadi gula yang lebih sederhana yang dapat diserap oleh tubuh. Sisa laktosa di dalam perut akan dicuri eh dimanfaatkan oleh bakteri yang numpang hidup di perut kita dan bakteri itulah yang menghasilkan gas dan bikin perut kita kerucuk-kerucuk. Sebagian gas akan dikeluarkan lewat napas dan sebagian lewat kentut. Hah, jadi itu kenapa saya kentut-kentut terus......
Terus jika masih ada sisa laktosa, ia akan menarik air dari luar usus kedalam usus lewat peristiwa osmosis, sehingga feses saya encer dan mencretlah saya......

LAKTOSA CELAKA........MySpace

Yah sebenernya peristiwa kentut dan mencret bisa dihindari dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsi susu atau makanan yang mengandung susu atau olahannya kaya es krim, butter, atau keju. Padahal itu makanan kan enak semua..... MySpaceBiar aman mending minum enzim laktase dulu sebelum mengonsumsi susu atau produk mengandung susu.

Usut punya usut, ternyata sekitar 90 % orang dari etnis Asia menderita lactose intolerant, hore saya gak sendirian!!!! MySpaceMenurut beberapa artikel yang bisa kamu googling dengan kata kunci lactose intolerant, orang Asia banyak yang menderita lactose intolerant karena kita jarang mengonsumsi susu dan produk yang mengandung susu, berbeda dengan orang Londo yang minum susu terus. Lebih sedikit orang Eropa yang menderita lactose intolerant dibanding orang Asia. Jadi ibu-ibu, bapak-bapak mulai saat ini kasih terus anaknya susu biar nanti pas anaknya udah gede gak kentut-kentut abis minum susu.

Eit, jangan khawatir dulu,kentut-kentut setelah minum susu bukan berarti kamu menderita lactose intolerant. Bisa juga kamu kena infeksi saluran pencernaan yang menyebabkan produksi laktase kamu terganggu. Kalau infeksinya sembuh ya kamu ga akan kentut lagi setelah minum susu.

Adajuga yang menyatakan bahwa makin tua tubuh kita akan memproduksi lebih sedikit laktase, jadi ini memang sudah kodrat kita untuk kentut dan mencret setelah minum susu. Hati-hatilah terhadap laktosa....MySpace

8 komentar:

-La Vienz- mengatakan...

gw cuma muncul gejala gitu kalo minum susu pagi2 cha.. kalo minum susunya siang ato malem, ga kentut2 tuh.. jd gw lactose intolerant ga? tp itu pasti, kalo minum susunya pagi, perut langsung sakit. sementara kalo siang ato malem lempeng2 aja..

icha mengatakan...

hm.....ga tau hehehe.....kalo penasaran tanya dokter aja, katanya tesnya gampang. Soalnya ada juga yang sementara aja menunjukan gejala2 kaya gitu, bisa karena infeksi gitu....kalo dah sembuh ilang deh gejalanya.

Anonim mengatakan...

peristiwa serupaaa XP
saya dari dulu rutin minum susu
tapi baru minggu ini saya kentut melulu .. hahaaa
makanya saya cari di google

Anonim mengatakan...

berselancar ke blognya icha....


hai ichaicha...
latian dari skrng cha,, ntar hamil disuruh minum susunya 2 kali sehari loo..;p

Anonim mengatakan...

klo di lanjutin minum susunya walo kentut2 trus bahaya gak tuh gan??

Eggy Dws mengatakan...

Q minum susu bubuk full cream stelah mnum kentut2 trs dan sakit perut bhaya gk ya ada yg tau gk.

ester caroline mengatakan...

Itu tandanya intolerant laktosa, jadi sebaiknya dihindari produk yang mengandung laktosa, karena jika dibiarkan bisa membuat usus terganggu dan efek jangka panjang dpt membahayakan.

Riki Bathia Desandi mengatakan...

Aku minum susu sapi murni asli 2 liter setiap 2 hari
Apakah aman klu kentut&mencret
Ada efek samping yg lain klu saya mengkonsumsi terus menerus ?